Selasa, 28 Oktober 2014

Informasi & Data


Informasi
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

Data
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

Perbedaan Informasi dan Data
Informasi adalah suatu data yang memiliki makna, sedangkan Data adalah kumpulan fakta objektif yang tidak terikat dengan konteks sehingga tidak memiliki makna. Contoh dari data yaitu, semua mahasiswa baru berkumpul melihat papan pengumuman yang berada di mading kampus. Lalu contoh dari informasi yaitu seorang mahasiswa mencari sebuah data untuk melihat kemajuan dari penulisannya.


Referensi :
-          Bahan ajar power point "psikologi kognitif sains" dari Ibu Quroyzhin Kartika Rini, SPsi., MPsi

1 komentar: